• 09.00 s.d. 18.00

Akuntansi Sektor Publik dan Sektor Swasta, Apa Perbedaanya

Akuntansi sektor publik merupakan proses pengidentifikasian, pelaporan, dan pencatatan terkait laporan keuangan untuk sebuah lembaga publik atau pemerintahan. Akuntansi sektor pubilk ini bertujuan dalam menyajikan informasi atas kondisi ekonomi sektor publik maupun kondisi keuangan untuk digunakan dalam pengambilan keputusan.

Akuntansi sektor swasta merupakan proses pengidentifikasian, pelaporan, dan pencatatan transaksi bisnis pada suatu perusahaan yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba bagi perusahaan.

Lalu apa aja si perbedaan mendasar antara akuntansi sektor publik dengan akuntansi sektor swasta? Apakah kita perlu untuk mengetahuinya?

Berikut beberapa Perbedaan mendasar antara akuntansi sektor publik dengan akuntansi sektor swasta, yaitu :

1. Tujuan

Akuntansi sektor publik ini jika dilihat dari tujuannya sudah sangat berbeda dengan akuntansi sektor swasta, di mana pada akuntansi sektor publik ini tujuannya bukan untuk mencari keuntungan melainkan untuk kesejahteraan rakyat, sedangkan pada akuntansi sektor swasta bertujuan untuk mencari keuntungan atau laba.

 

2. Tanggung Jawab

Tanggung jawab akuntansi sektor publik ini kepada masyarakat, sedangkan pertanggung jawaban akuntansi sektor swasta ini kepada kreditur dan pemegang saham.

3. Sumber pembiayaan

Akuntansi sektor publik ini terkait sumber pembiayaannya berasal dari pajak, retribusi utang, laba BUMN/BUMD, serta penjualan aset negara sedangkan akuntansi sektor swasta sumber pembiayaannya itu internal, seperti modal pribadi, dana investor, dan laba di tahan.

4. Struktur Organisasi

Letak perbadaanya terdapat pada sifat struktur organisasi itu sendiri dimana sektor publik memiliki sifat birokrasi, hierarkis, dan kaku sedangkan pada sektor swasta sifatnya lebih luwes dan fleksibel.

5. Karakteristik

Akuntansi sektor publik ini karakteristiknya lebih terbuka, sedangkan pada akuntansi sektor swasta karakteristiknya lebih tertutup.

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved