• 09.00 s.d. 18.00

Stellar Women dan Tjufoo mengadakan program AKSI Perempuan yang merupakan program inkubasi bisnis untuk membantu pebisnis perempuan mengembangkan usahanya.

AKSI Perempuan menyediakan kegiatan bootcamp, mentoring, demo day, dan juga pemberian penghargaan sekaligus pendanaan sebesar Rp1 miliar untuk 3 pebisnis terpilih. "Program AKSI Perempuan ini merupakan perwujudan dan komitmen Tjufoo dalam membuka peluang bagi semua pengusaha perempuan untuk terus tumbuh dan siap menghadapi masa depan," kata CEO dan Co-Founder Tjufoo, Tj Tham dalam acara peluncuran AKSI Perempuan, Kamis (22/9/2022).

1. Kesenjangan peluang masih jadi tantangan buat pebisnis perempuan

Di tengah pesatnya perkembangan zaman, ternyata kesenjangan peluang masih menjadi momok bagi para pebisnis perempuan untuk mengembangkan usahanya. Tj Tham mengatakan, para pebisnis perempuan masih kesulitan mengakses permodalan untuk bisnisnya.

"Masih terdapat sejumlah tantangan yang dihadapi perempuan dalam berbisnis. Di antaranya peran dalam keluarga, stigma sosial, akses pelatihan kewirausahawan, dan akses permodalan. Riset dari Crunchbase menemukan hanya 2,3 persen yang dipimpin perempuan yang mendapat pendanaan," tutur Tj Tham. Khususnya di Indonesia, lebih dari 80 persen UMKM milik perempuan mengeluhkan kekurangan modal, berdasarkan hasil studi Smeru Research Institute. "Sementara itu 2 tantangan utama yang mereka hadapi di antaranya strategi bisnis yang perlu diubah dan juga operation cash flow yang sering terganggu," ucap Tj Tham.

2. Dukungan untuk pebisnis perempuan sangat penting untuk pemberdayaan perempuan di Indonesia

Founder of Stellar Women dan CEO Tinkerlust, Samira Shihab juga membeberkan fakta serupa, di mana pebisnis perempuan menghadapi banyak tantangan dalam hal pembiayaan. Oleh sebab itu, melalui program AKSI Perempuan, Stellar Women dan Tjufoo ingin membantu pebisnis perempuan menghadapi tantangan-tantangan tersebut.

"Inkubator program ini bertujuan untuk membantu perempuan pemilik bisnis untuk mendirikan dan mengembangkan bisnis mereka. Melalui program ini kami dapat mengedukasi womenpreneur untuk mengatur bisnis mereka sehingga bisa tumbuh terus, berkembang, dan berkelanjutan," kata Samira.

3. Cara daftar program AKSI Perempuan

Bagi pebisnis perempuan yang ingin mengikuti program inkubator bisnis dan pendanaan tersebut, bisa langsung mendaftar di Stellarw.com/aksiperempuan.

Program AKSI Perempuan akan membantu para pebisnis memvalidasi ide bisnisnya, membuat produk yang dibutuhkan pasar, dan menyusun strategi untuk memasarkan brand atau produknya kepada customer.

Adapun rangkaian acara AKSI Perempuan, sebagai berikut:

1. Kick off: 22 September 2022

2. Bootcamp (belajar mengembangkan bisnis): 1-2 Oktober 2022

3. Mentoring: 10 Oktober - 11 November 2022

4. Demo day (mempresentasikan ide bisnis): 15 November 2022

5. Awarding (pemberian penghargaan bagi ide bisnis terbaik dan pemberian pendanaan tunai bagi pemenang): 22 November 2022.

Hingga saat ini, tercatat sekitar 1.500 pebisnis perempuan sudah mendaftar untuk mengikuti program AKSI Perempuan. Pendaftaran dibuka sampai 28 September 2022.

 

 Copyright stekom.ac.id 2018 All Right Reserved